TIPS KEBUTUHAN GIZI SEIMBANG UNTUK IBU HAMIL

Kebutuhan gizi seimbang untuk ibu hamil seiring dengan bertambahnya usia kandungan, maka kebutuhan gizi ibu hamil pun akan meningkat. Terutama memasuki trimester pertama dimana pertumbuhan janin berlangsung pesat. Karena itu dibutuhkan asupan gizi optimal untuk membantu perkembangan otak dan susunan syaraf si kecil.

Pada masa kehamilan, ibu hamil harus meningkatkan makanan. Sebab makanan tersebut diperlukan untuk dua orang, yaitu diri sendiri dan untuk bayi yang dikandung. Makanan tersebut digunakan untuk pembentukan janin, persiapan pembentukan ASI, tumbuh kembang bayi  dan untuk kesehatan ibu.

kbutuhan-gizi-seimbang-ibu-hamil
Tiga bulan usia kehamilan, kebutuhan makanan akan naik perlahan-lahan, tetapi pada bulan selanjutnya pertumbuhan bayi yang dikandungnya berjalan sangat pesat sehingga konsumsi makanan juga meningkat.Normalnya ibu hamil akan mengalami pertambahan berat badan di kisaran ½ – 1 Kg dan pada bulan-bulan selanjutnya berat badan akan bertambah ½ – 1½ Kg/Bulan. 

Sebenarnya konsumsi makanan pada ibu hamil tidak berbeda dengan konsumsi makanan pada ibu yang tidak hamil. Hanya saja jumlah dan mutunya saja yang ditingkatkan. Pada ibu hamil makanan dapat diberikan dalam 4-5 kali makan, sesuai dengan kemampuan ibu. Susunan makanan sehari-hari harus diusahakan mengandung gizi seimbang. Makanan dengan gizi seimbang harus memiliki sumber zat tenaga (nasi, roti, kentang), sumber pembangunan (tahu, tempe, daging, ikan, telur, susu) dan sumber zat pengatur (sayuran dan buah buahan). 

Contoh menu guna memenuhi kebutuhan gizi seimbang untuk ibu hamil :

Pagi :


Nasi
Kering Teri
Tumis Kangkung
Teh Manis

Pukul 10.00 :


Susu
Biskuit

Siang :

Nasi
Kalio Daging
Tumis Kacang Merah
Gulai Daun Singkong
Pepaya

Pukul 16.00 :
Bubur Kacang Hijau

Malam


Nasi
Ikan Balado
Tempe Goreng
Sayur Bening
Bayam
Buah